MENJEMPUT DATA KEPENDUDUKAN FATURIKA

Dokumen pencatatan sipil merupakan kelengkapan identitas yang wajib dimiliki oleh masyarakat desa, kelengkapan dokumen inilah yang menjadi dasar pencatatan administrasi kependudukan di desa. Sebagai salah satu data pokok yang berkaitan erat dengan segala kerja pemerintahan desa Faturika, target kelengkapan dokumen pencatatan sipil merupakan salah satu prioritas kerja pemerintahan desa Faturika di tahun 2019.

Beberapa kendala yang sering dialami pemerintah desa Faturika oleh karena tidak akuratnya data kependudukan adalah tidak lengkapnya profil kependudukan masyarakat desa Faturika hingga penentuan sasaran program alokasi dana desa yang kurang tepat dalam beberapa bidang pelayanan.

Permasalahan ini disebabkan oleh kurangnya antusias aparatur desa Faturika dalam mencatat kelengkapan dokumen yang dimiliki oleh masyarakat serta proses pengurusan dokumen yang rumit menurut beberapa masyarakat yang menyebabkan tidak lengkapnya dokumen-dokumen tersebut.

Sebagai solusi atas kendala-kendala tersebut, pemerintah desa melalui bidang pemerintahan melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belu di Atambua untuk dapat melakukan pelayanan di desa Faturika sehingga masyarakat dapat terbantu tanpa harus bepergian ke Atambua.

Hasil koordinasi dan pelayanan inilah yang memberikan hasil yang baik bagi kelengkapan dokumen identitas masyarakat di desa Faturika. Sebanyak 142 Dokumen Akta Kelahiran, 16 Dokumen Akta Perkawinan, 1 Dokumen Akta Kematian, 51 Dokumen Kartu Keluarga serta 7 Dokumen KTP bagi masyarakat Desa Faturika yang berhasil dibuat dan diserahkan kepada pemerintah desa Faturika.

Penyerahan oleh kabid pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini dilakukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada hari Kamis tanggal 10 Oktober 2019.

Sebagai tindakan lanjut atas keberhasilan ini pemerintah desa Faturika melalui aparatur dan staf desa akan kembali melakukan peninjauan kembali untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dokumen serta dokumen yang masih belum lengkap untuk dicatat ditindak lanjuti.

Admin Website Desa Faturika.

Komentar Facebok

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan