HASIL OLAHAN KAIN TENUN

Kepala Dusun Sanina Yustina Bete Memegang Hasil Olahan Kain Tenun Menjadi Tas. (19/11/2018) Foto : Admin

Keterampilan adalah salah satu strategi pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Dengan keterampilan yang aktif dan berkelanjutan semua kebutuhan manusia dapat diakomodir pemenuhannya. Dalam beberapa aspek kehidupan pemenuhan masyarakat identik dengan cara instan melalui pertukaran uang dengan barang dan jasa yang menjadi kebutuhan.
Kebiasaan ini adalah awal mula matinya keterampilan masyarakat. Solusi pemberdayaan yang kini ditawarkan oleh kementrian Desa melalui Dana Desa menjadi salah satu solusi dalam membangkitkan kembali keterampilan masyarakat, solusi ini sama halnya dengan dengan sistem administrasi yang memiliki persyaratan terselubung yakni diantaranya pemerintah desa wajib merencanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat menciptakan keterampilan dan meminimalisir ketergantungan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan oleh dana desa.
Sebagai salah satu tindakan nyata pemerintah desa Faturika dalam membina keterampilan masyarakat tersebut adalah mengikutkan salah satu anggota PKK Desa Faturika yang juga adalah Kepala Dusun Sanina Ibu Yustina Bete dalam kegiatan pelatihan keterampilan mengolah kain tenun menjadi salah satu kebutuhan assesoris seperti tas, dompet, kotak tisue, kotak pensil dan lain sebagainya yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan yang bekerja sama dengan Be Kraf dan Kementrian Sosial.

Ibu Yustina Bete dan Hasil Tenun Kain Tradisional dan Olahannya. (19/11/2018) Foto: admin

Sebagai tindak lanjut atas pelatihan tersebut pemerintah Desa bersama masyarakat dalam forum musyawarah desa telah menyepakati pengadaan mesin jahit untuk mendukung kegiatan tersebut.
Stimulus berupa pengadaan mesin jahit yang akan dilaksanakan pada Tahun 2019 ini merupakan stimulus bagi anggota pkk dalam mengembangkan kreatifitas yang bernilai produksi sehingga dapat memberikan pendapatan ekonomi bagi keluarga dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Peningkatan kreatifitas ini merupakan salah satu solusi dalam memanfaatkan kain tenun tradisional yang cukup banyak diproduksi di kalangan ibu-ibu anggota PKK Desa Faturika.

Komentar Facebok