DESA FATURIKA DAPAT KESEMPATAN

Pembukaan Kegiatan ToT secara resmi oleh Camat Kecamatan Jatiwaras. (21/112018) Foto: Koko

Penyelenggaraan Pemerintah merupakan sebuah proses yang berkelanjutan dan sudah sepantasnya terbuka kepada khalayak. Ketersediaan media publikasi seperti website desa dan halaman pada media sosial merupakan sarana penting yang harus di manfaatkan secara baik dan konsisten oleh pemerintah desa untuk memberikan informasi tentang penyelenggaraan dan pelayanan publik bagi warga desa dan masyarakat umum.

Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) merupakan lembaga yang memberikan kesempatan bagi seluruh desa di Indonesia untuk mendapatkan website gratis guna mempublikasikan pelayanan dan penyelenggaraan pemerintah desa.

Sebagai strategi perluasan penggunaan website desa di Seluruh Indonesia BP2DK menyelenggarakan Training Of Trainer (ToT) Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Desa dan Kawasan bagi Pengguna Website Desa di Seluruh Indonesia. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 21 hingga 30 November Tahun 2018 berlokasi di Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya .

Pemilihan peserta pelatihan dilakukan secara acak oleh BP2DK dengan indikator tingkat keaktifan website serta intensitas pembaharuan informasi tentang desa pada website yang telah dimiliki oleh desa-desa yang telah terdaftar dan tersebar merata hingga di pelosok nusantara, adapun beberapa indikator lainnya yang menjadi kriteria khusus yang hanya diketahui oleh Panitia Penyelenggara Pelatihan. Dalam pemilihan peserta yang acak tersebut, setiap Desa yang telah memiliki website desa memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih.

Desa Faturika mendapatkan kesempatan tersebut dengan terpilih menjadi peserta bersama satu desa lainnya yang juga terpilih sebagai perwakilan Kabupaten Belu-NTT untuk turut mengikuti pelatihan tersebut. Kesediaan BP2DK untuk mengikut sertakan desa Faturika dalam kegiatan pelatihan ini merupakan sebuah peluang bagus bagi peningkatan pelayanan informasi dan pengelolaan website desa Faturika.

 

Paparan Orientasi BP2DK Oleh Executive Director BP2DK Irman Meilandi (21/11/2018) Foto : Koko

Dalam acara pembukaan kegiatan  BP2DK pada hari Rabu Tanggal 21 November bertempat di Bale Sawala desa Mandalamekar executive director Irman Meilandi memberikan pemaparan tentang orientasi BP2DK dalam memfasilitasi seluruh desa agar dapat memanfaatkan website desa sebagai sarana pemenuhan informasi bagi masyarakat desa setempat serta pembentukan jaringan desa yang kuat guna peningkatan segala aspek dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Dalam Acara pembukaan tersebut hadir juga camat kecamatan Jatiwaras, kepala Desa Mandalamekar serta beberapa tokoh pemerintahan desa Mandalamekar serta seluruh Pandu Desa dan seluruh peserta yang berasal dari Sabang sampai Merauke.

Komentar Facebok

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan