KOORDINASI BULANAN BERSAMA DPMD KABUPATEN BELU

Penyelenggaraan Pemerintahan merupakan sebuah sistem kerja yang terstruktur dalam sebuah garis perintah yang teratur dan saling transparan satu sama lainnya. Pelaksanaan fungsi eksekutif melalui setiap lini instansi teknis merupakan kondisi konkrit dari perencanaan bersama pihak legislatif dalam perencanaan pembangunan. Dalam aplikasi setiap pelaksanaan rencana pembangunan dibutuhkan fungsi kontrol yang tersistematis agar progress dan kendala dapat terjaga sesuai dengan rencana yang telah di tetapkan bersama.

Sebagai bentuk konkrit pelaksanaan fungsi kontrol pemerintah kabupaten Belu terhadap penyelenggaraan pemerintah Desa tersebut terlihat dari pengawasan yang dilakukan oleh Dinas PMD Kabupaten Belu yang datang berkunjung ke Desa Faturika pada tanggal 5 Bulan November Tahun 2018 ini. Kunjungan tersebut merupakan agenda rutin yang direncanakan dalam Kerja Dinas PMD Tahun 2018 ini. Dalam Kunjungan tersebut Perwakilan DPMD disambut oleh Kepala Desa Faturika Benediktus Ulu bersama beberapa Perangkat Desa Faturika. Pada rapat Koordinasi tersebut dibahas beberapa agenda antara lain;

Pengawasan Pengelolaan Dana Desa, Wacana Pemekaran Desa Faturika, Tindak lanjut pemanfaatan Sumber Mata Air Weberdai.

Dalam Agenda pengawasan tersebut perwakilan DPMD menyinggung tentang beberapa pekerjaan yang dalam progress pengerjaan, seperti pembangunan Polindes, Pembangunan Tanggul Penahan jalan dan beberapa pekerjaan lainnya. Melalui forum tersebut Perwakilan DPMD menghimbau agar Pengelolaan Dana Desa pada tahun mendatang dapat dialokasikan untuk lebih tepat sasaran dan mengutamakan pada pemberdayaan masyarakat Desa Faturika. Dalam Agenda Pemekaran Desa Faturika, Kepala Desa Faturika menyampaikan beberapa faktor pendukung yang menjadi acuan permohonan pemekaran Desa Faturika. Salah satunya adalah luas wilayah yang besar menjadi acuan yang dapat diterima dengan alasan bahwa semakin mempersempit ruang maka pembangunan akan lebih terfokus pada setiap segi kehidupan dalam lingkup Desa Faturika.

Sementara dalam Agenda pemanfaatan lanjutan Sumber Mata Air Weberdai yang merupakan bantuan Pemerintah Kabupaten Belu, Kepala Desa Faturika menyampaikan akan mengalokasikan dalam Penggunaan Dana Desa, ini dimaksudkan agar Masyarakat Desa Faturika dapat terhindar dari bahaya kekurangan air bersih yang rutin terjadi pada setiap musim kemarau pada setiap tahunnya.

Komentar Facebok

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan