BENIH BAGI MASYARAKAT

Pertanian merupakan salah satu potensi yang dimiliki oleh Desa Faturika, hal ini terlihat dari lahan yang sangat luas yang digunakan sebagai lahan perkebunan. Perkebunan yang di geluti oleh para Petani di Desa Faturika ini cenderung masih konvensional, sebab Petani hanya menggeluti pekerjaan yang benar-benar dipahami teknisnya yang merupakan warisan leluhur dari masa ke masa, dari setiap generasi petani ke generasi petani berikutnya bahkan terkadang tanpa modifikasi lanjutannya. Modifikasi pada setiap generasi adalah sebuah keharusan yang wajib dilakukan agar pertanian selalu bergerak maju dengan segala perkembangan teknologi terapan meski sederhana sehingga dapat membantu pekerjaan bertani tersebut guna peningkatan produktifitas pertanian.

Inilah wajah pertanian di desa Faturika yang masih minim teknologi terapan, oleh sehingga pelatihan teknologi tepat guna merupakan salah satu solusi yang rutin menjadi strategi oleh pemerintah desa dalam alokasi dana desa setiap tahunnya dengan harapan dapat merubah sedikit demi sedikit wawasan bertani para petani di Desa Faturika.

Menyikapi minta tanam yang stabil warga petani di Desa Faturika pemerintah desa dalam alokasi dana desa pada setiap tahunnya. Salah satu kegiatan konkrit adalah pembagian benih tanaman bagi masyarakat yang merupakan kegiatan rutin. Pada tahun 2017 lalu pemerintah memberikan benih Jahe bagi setiap kelompok tani, setiap kelompok mendapatkan ± 50 Kg per kelompok tani. Benih jahe tersebut selanjutnya di bagikan lagi kepada setiap anggota kelompok tani yang tentunya di kontrol oleh Kaur Pertanian Desa Faturika bersama pengurus Gapoktan untuk dapat di tanam pada setiap lahan masing-masing anggota.

Selain benih jahe tersebut dalam tahun yang sama terdapat beberapa jenis benih yang juga dibagikan oleh pemerintah desa antara lain Porang, Bawang Merah. Dukungan benih merupakan salah satu strategi pemerintah untuk meningkatkan produktifitas pertanian warga petani di Desa Faturika guna peningkatan pendapatan masyarakat.

Komentar Facebok

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan